63 Tahun Merdeka, Tujuan Indonesia Belum Tercapai

Meskipun Indonesia sudah merdeka 63 tahun, tujuan berbangsa dan bernegara belum seluruhnya sesuai amanat Pembukaan UUD 1945.

Tujuan melindungi tumpah darah Indonesia dan ikut menjaga ketertiban serta perdamaian di dunia memang sudah tercapai. Akan tetapi, tujuan mencerdaskan kehidupan bangsa dan mewujudkan kesejahteraan rakyat belum seluruhnya dilakukan.

Sekretaris Persatuan Perintis Kemerdekaan Indonesia (PPKI), Imam Soepardi mengakui hal itu menjawab pers seusai bertemu dengan Wakil Presiden Muhammad Jusuf Kalla di Istana Wapres, Jakarta, Selasa (16/12). Dalam pertemuan tersebut, PPKI mengundang Wapres Kalla membuka Musyawarah Besar PPKI pertengahan tahun depan.

Menurut Imam, tujuan berbangsa dan bernegara sesuai dengan Pembukaan UUD 1945 sebenarnya sudah jelas bahwa kemerdekaan merupakan pintu gerbang rakyat Indonesia untuk mencapai tujuan bernegara.

Imam menyatakan, menjadi tanggung jawab para pemimpin bangsa yang diberi amanah untuk mewujudkan tujuan berbangsa dan bernegara itu. Imam juga mengatakan kalau dulu pernah ada upaya untuk mencapai tujuan negara dengan tiga cara (trilogi pembangunan), yaitu pemerataan ekonomi, pertumbuhan, dan stabilitas nasional, sekarang dengan cara lain juga harus dicapai.

Tentang kesejahteraan yang diterima para perintis kemerdekaan, sejauh ini, menurut Imam, relatif sudah cukup baik, dan sangat tergantung masing-masing penerimanya. Ditanya ke mana aspirasi politik PPKI akan diwujudkan dalam Pemilu 2009, Imam menegaskan pihaknya independen.

Sumber: Kompas

No comments:

Post a Comment